23:07
0
Kuliner penduduk Wisata Kedung Maor Bojonegoro "Enthung Ghodong Jati"
Kuliner Tradisional Bojonegoro "Enthung Ghodong Jati"
Sumber; copy DeddyPacalF from http://www.infoblora.com/2013/12/pesona-oseng-oseng-ungker-kuliner.html
Sumber protein dapat kita jumpai di berbagai jenis makanan salah satunya Kuliner penduduk Wisata Kedung Maor Bojonegoro "Enthung Ghodong Jati"
bahasa jawanya daerah bojonegoro yang artinya Enthung = kepompong, ghodong = daun, jadi Enthung Ghodong Jati adalah kepompong daun jati. Untuk mengkunsumsi ini tidak bisa tiap hari ada jumpai karena mereka bergantung pada musim. Biasanya musim yang tepat adalah ketika musim
Kuliner Penduduk Wisata Kedung Maor Bojonegoro "Enthung Ghodong Jati"
Kuliner Tradisional Bojonegoro "Enthung Ghodong Jati"
Sumber; EzaPhotograph spesifikasi android
setelah semi ato sehabis kemarau. Untuk mengetahui wilayah hutan jati mana yang biasanya musim Enthung jati ini adalah dengan adanya anda-tandanya dedaunan pohon jati yang tanpa daun "ingat bukan gugur" melainkan daunya tinggal serat nya saja.

Musim Enthung juga bergantung pada fase!!!!! ilmu biologi dan lingkungan Upssssssss... belajar lagi ilmu SD-SMU dehhh hahahehhehehehe, yang masih ingat jempol dah.
 yup,,,,, fase biologinya adalah fase METAMOROSISI yaitu perubahan sebuah Ulat menjadi kupu-kupu. Untuk itulah harus jeli terhadap kondsidi lingkungan (tanda-tanda), biasanya ketika daun jati dah pada habis dan ulat udah jarang bergelantungan di batang dan cabang daun itu berarti tanda-tanda musim panen Enthung tiba. Kalo tanda-tanda dah jadi kupu-kupu biasanya malam hari di rumah lampu-lampu penerangan banyak kupu itu lah musim enthung udah kelar ato tinggal dikit.

Ketika musim panen enthung banyak orang warga sekitar mencari sambil berbondong-bondong mulai dari satu keluarga bahkan satu kampung (heheheheheheheh yaw.) Gak lah mungkin yang hanya menyambi (kerja) sampingan saja. misalnya petani kalo dah kelar pekerjaannya utama selain bertani sebelum pulang mencari enthung buat lauk si teman nasi (mangan cuah) hehe
kalo kamu lihat orang duduk ngelempoh (duduk di tanah) bawa tikar atau sak nah itu ibu-ibu pada mencari enthung ghodong jati. Sedangkan bapak atau sang suami mengambil kayu bakar tapi tetap membatu sang istri mencari Enthung daun Jati.
Kuliner Tradisional Penduduk Wisata Kedung Maor Bojonegoro "Enthung Ghodong Jati"
Kuliner Tradisional Penduduk Wisata Kedung Maor Bojonegoro "Enthung Ghodong Jati"
Sumber: EzaPhotrograph-Android.

Kalo panennya banyak selain di konsumsi sendiri biasanya di pinggir jalan di jual atau di tawarkan ke pada penduduk laianya yang tidak mencari untuk harga bervariasi ada ukuran setengah batok kelapa haraga sekitar 3000-5000, ada pula 1/4 kg, 1/2 kg atau 1 kg harga  berkisar 20.000-60000. Kuk mahal yah, itu karena mencarinya jauh dan lama dan gak gampang untuk mendapatkan enthung jati sebanyak bathok kelopo (setengan tempurung kelapa). jenis ukuran bervariasi jadi anda-anda jika mau beli silahakan di tawar sewajarnya aja!
yang membuat Khas saat panen adalah kebersamaanya saling gotong royong, rukun lan tentrem

Untuk masakan tradisional Enthung Ghodong Jati bisa pesan ke warung-warung sekitar hutan jati dimana hutan jati berada, Untuk cara memasak sama hanya memasak biasanya terserah anda mau di masak apapun juga bisa hehheheheheheheheh.

NB ; Wolesss pokok e cuahhhh mangan juwosssss!

0 comments:

Post a Comment